Pelayanan

Pelayanan Akademik Prodi Adpend SPs UPI

1. Kurikulum

Kurikulum Program Studi Administrasi Pendidikan diarahkan kepada:

  • Memperluas, mempertajam dan memberdaya penguasaan konseptual atau teoritis;
  • Memperluas, mempertajam dan memperdalam kemampuan menerapkan konsep atau teori sebagai alat deskripsi–analisis–prediksi serta alat dalam memecahkan masalah empiris dalam bidang Administrasi/Manajemen Pendidikan;
  • Mengembangkan kemampuan untuk menemukan gagasan, konsepsi dan metode pendekatan inovatif di bidang Administrasi/ Manajemen Pendidikan.

Untuk menjabarkannya secara operasional maka dikembangkan suatu perangkat kurikulum yang secara substansialnya diorganisasikan ke dalam tiga kategori gugus komponen ialah: (1) Landasan Keahlian (MKLK); (2) Keahlian Utama Wajib (MKKUW); dan (3) Keahlian Utama Pilihan (MKKUP). Gugus komponen Landasan Keahlian (MKLK) diarahkan kepada pembinaan dan kemampuan untuk berpartisipasi secara terbatas di dalam proses mengembangkan dan menghasilkan produk ilmiah. Gugus komponen Keahlian Utama Wajib (MKKUW) ditujukan kepada pembinaan wawasan dan kemampuan untuk menangani tugas-tugasnya sebagai ilmuwan pendidik dan pemahaman berbagai permasalahan makro di bidang profesi administrasi pendidikan. Sedangkan gugus komponen Keahlian Utama Pilihan (MKKUP) diarahkan kepada pembinaan wawasan dan penguasaan kemampuan serta kemahiran khusus di bidang Administrasi/Manajemen Pendidikan baik segi teoritis maupun praktis.

2. Sistem Perkuliahan

  • Tatap Muka;
  • Jarak Jauh (Penggunaan Fasilitas Komputer dan Internet);
  • Penugasan (Kajian Buku dan Kajian Lapangan; Laporan Makalah).

3. Sistem Evaluasi

Nilai keberhasilan studi mahasiswa merupakan kumulatif dari komponen tugas, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, serta komponen penguasaan materi, kemampuan mencurahkan gagasan, kemampuan memahami bahan bacaan, kemampuan dalam berdiskusi, dan kehadiran.

4. Studi Akhir
Karya ilmiah berupa tesis dan disertasi

Iklan
%d blogger menyukai ini: